Apa maksud ideologi Pancasila terbentuk secara otentik dari kristalisasi unsur-unsur nilai sosial,budaya dan sistem religi yang ada di Indonesia, jelaskan!​

Apa maksud ideologi Pancasila terbentuk secara otentik dari kristalisasi unsur-unsur nilai sosial,budaya dan sistem religi yang ada di Indonesia, jelaskan!​

Jawaban

Pancasila adalah dasar negara dan dijadikan sebagai landasan keberjalanan dan berdirinya negara Indonesia. Atau secara singkat dapat diartikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia menggunakan pedoman pada isi sila Pancasila.

Pancasila terbentuk dari unsur nilai masyarakat Indonesia. Dimana dalam Pancasila terkandung nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Nilai-nilai tersebut sangat menjiwai jiwa bangsa Indonesia. Dan sangat sesuai dengan kepribadian bangsa.

Pembahasan 

Pembahasan : Pancasila adalah dasar negara dan dijadikan sebagai landasan keberjalan dan berdirinya negara Indonesia. Atau secara singkat dapat diartikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia menggunakan pedoman pada isi sila Pancasila.

Pancasila terdiri dari 5 sila yang masing-masing sila mengandung arti dan makna berbeda.

Makna setiap sila dalam Pancasila adalah sebagai berikut:

  • Sila pertama berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa”, maknanya adalah setiap warga negara diwajibkan untuk mempercayai dan meyakinkan keberadaan Tuhan yang Esa, dan beribadah sesuai dengan kepercayaan yang dianut, serta tidak ada paksaan.
  • Sila kedua berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”, maknanya adalah setiap warga negara saling membutuhkan satu sama lain sehingga harus menjunjung Hak Asasi Manusia (HAM) tanpa membedakan suku, agama, dan asal.
  • Sila ketiga berbunyi ” Persatuan Indonesia”, maknanya adalah kita sebagai warga negara harus mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan. Sesama warga negara harus saling menghormati untuk menjaga persatuan.
  • Sila keempat berbunyi “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan”, maknanya adalah kita harus mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam penyelesaian masalah. Hal ini bertujuan untuk menghindari perdebatan karena pengambilan keputusan yang tidak adil.
  • Sila kelima berbunyi “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”, maknanya negara sebagai kedudukan tertinggi tidak membeda-bedakan status sosial rakyatnya dalam berbagai aspek kehidupan, sehingga tercipta keadilan.

Dalam Pancasila terkadang beberapa nilai-nilai diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Nilai dasar, berarti Pancasila yang setiap sila nya dianggap sebagai nilai universal yang akan dijadikan nilai awal sebelum melakukan sesuatu.
  • Nilai instrumental, maknanya adalah sebagai penjabaran lebih lanjut mengenai nilai dasar Pancasila sebagai dasar negara.
  • Nilai praksis, merupakan kelanjutan dari nilai instrumental atau penjabaran nilai instrumental yang dijabarkan dalam pengalaman nyata dan berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.