Ciri interaksi alelopati

Ciri interaksi alelopati

Jawaban

Alelopati pada tumbuhan memiliki ciri-ciri yaitu mengeluarkan senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan tanaman lain di sekitarnya, sehingga tanaman lain dapat mati. Contohnya adalah Eucalyptus spp.

Pembahasan

Alelopati dapat diartikan sebagai suatu peristiwa atau kejadian di mana organisme dapat menghasilkan suatu senyawa biomolekul (disebut alelokimia) ke lingkungan. Senyawa yang dikeluarkan oleh organisme tersebut dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan organisme lain yang hidup di sekitarnya. Alelopati mengakibatkan tumbuhan lain yang hidup di sekitarnya mati. Contoh dari tumbuhan alelopati antara lain:

  1. Tumbuhan Eucalyptus spp
  2. Tumbuhan dinoflagelata yang menghasilkan senyawa yang dapat membunuh fitoplankton serta organisme lain di dalam perairan
  3. Tanaman Mimba (Azadirachta indica)
  4. Tanaman mangga (dalam bentuk serbuk daun kering)
  5. Tanaman brokoli
  6. Tanaman gandum
  7. Tanaman Lantana atau Saliara
  8. Tanaman golongan Leucaena, seperti lamtoro

Tanaman yang mampu menyebabkan reaksi alelopati ini dapat dimanfaatkan untuk membasmi gulma pada tanaman, sehingga nantinya penggunaan hibrisida sintetis dapat berkurang dan lebih ramah terhadap lingkungan.

Check Also

Sebutkan dan berikan penjelasan ada berapa prinsip jaminan sosial nasional

Sebutkan dan berikan penjelasan ada berapa prinsip jaminan sosial nasional? Jawaban Berikut prinsip-prinsip jaminan sosial …