Perbedaan antara badan usaha persekutuan, perorangan, dan perseroan terbatas

Perbedaan antara badan usaha persekutuan, perorangan, dan perseroan terbatas

Jawaban

Perbedaan antara badan usaha persekutuan, perorangan, dan perseroan terbatas bisa dilihat dari kepemilikannya yang mana jika badan usaha persekutuan didirikan oleh dua orang atau lebih yang saling bekerja sama artinya dimiliki lebih dari satu orang. Risiko, modal, dan kegiatan usaha, ditanggung orang-orang yang terlibat. Apabila perusahaan perorangan hanya dimiliki oleh satu orang, di mana pemilik usaha bertanggung jawab secara penuh terhadap risiko dan kegiatan usahanya dan kekayaan pemilik menjadi jaminan perusahaan. Sedangkan dalam perusahaan perseroan atau perseroan terbatas pemiliknya  dapat berupa perorangan atau sekumpulan orang yang juga saling bekerja sama dalam mendirikan usaha dan harus berbadan hukum tidak seperti badan usaha persekutuan dan perorangan. Sebab dasar pembentukan perseroan berdasarkan pada peraturan dan undang-undang. Oleh sebab itu perseroan memiliki hak dan kewajiban sebagaimana yang telah diatur dalam perundang-undangan.

Pembahasan

Badan usaha adalah suatu kesatuan organisasi dan ekonomis yang mempunyai tujuan untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit) dan memberikan layanan terhadap masyarakat. Beberapa hal yang dibutuhkan untuk mendirikan suatu badan usaha, yakni marketing atau pemasaran, produk dan jasa yang nantinya akan dijual atau dipasarkanFungsi badan usaha adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi komersial yakni untuk mendapatkan keuntungan. Untuk memperolehnya, badan usaha harus mengelola sumber daya produksi yang tersedia secara efisien dan efektif sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen.
  2. Fungsi sosial ialah fungsi yang sifatnya eksternal yang mana berhubungan dengan manfaat badan usaha secara langsung atau tidak langsung terhadap kehidupan masyarakat.  Bagaimana badan usaha mampu memberikan peran secara nyata bagi lingkungan sekitar. Misalnya, sebagai penyedia lapangan kerja dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.
  3. Fungsi dalam perekonomian, yakni membantu meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional. Semakin maju dan berkembang suatu badan usaha maka kesempatan kerja akan semakin terbuka.

Check Also

Sebutkan menu-menu yang terdapat di Microsoft Word

Sebutkan menu-menu yang terdapat di Microsoft Word Dalam microsoft word, terdapat beberapa menu yang dapat digunakan oleh seorang …