Jelaskan apa yang dimaksud dengan organisasi internasional dan syarat-syarat apa yang harus dipenuhi oleh suatu organisasi internasional untuk dapat menjadi subjek hukum internasional

Jelaskan apa yang dimaksud dengan organisasi internasional dan syarat-syarat apa yang harus dipenuhi oleh suatu organisasi internasional untuk dapat menjadi subjek hukum internasional

Jawaban

Organisasi internasional merupakan suatu organisasi yang dibentuk bahkan dianggotai lebih dari satu negara yang dibuat dengan sukarela dengan dasar kesamaan tujuannya untuk menciptakan perdamaian dunia dalam tata hubungan internasional.

Syarat-syarat organisasi internasional untuk dapat menjadi subjek hukum internasional adalah

  1. Penduduk yang tetap.
  2. Wilayah yang tertentu.
  3. Pemerintahan.
  4. Kemampuan dalam melakukan hubungan-hubungan dengan negara lain.

Pembahasan

Menurut Quincy Wright, organisasi internasional merupakan suatu seni yang menciptakan bahkan mengatur organisasi umum serta regional yang terdiri dari negara-negara merdeka dalam memfasilitasi kerjasama dalam maksud serta tujuan yang sama. Ada beberapa jenis – jenis organisasi internasional, antara lain:

  1. International Governmental Organizations atau IGOs, dengan terbentuknya karena banyak pemerintah yang membuat organisasi internasional. Dengan demikian, ada yang lebih dari 300 organisasi antar pemerintah diseluruh dunia sehingga organisasi antar pemerintah terdiri dari negara-negara berdaulat. Sehingga organisasi antar pemerintah merupakan suatu aspek penting dari hukum internasional.
  2. International Nongovernmental Organizations atau INGOs or NGOs, yang terdiri dari individu dan bukan korporasi atau pemerintah yang melayani berbagai fungsi serta mewakili berbagai kepentingan. Dengan demikian, aktor non pemerintah merupakan suatu organisasi yang tidak memiliki afiliasi dengan pemerintah dan memainkan peran penting dalam politik internasional.

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …