Jelaskan nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis dalam pancasila dan berikan 1 contoh!

Jelaskan nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis dalam pancasila dan berikan 1 contoh!

Jawaban

  • Nilai Dasar Pancasila merupakan asas yang diterima yang diterima bersifat mutlak tidak berubah dari waktu ke waktu. Contohnya terdapat dalam pembukaan UUD 1945 dan Pancasila.
  • Nilai Instrumen Pancasila merupakan nilai dari penjabaran dari nilai dasar yang dapat diukur dan diubah. Contohnya Undang-undang dan Tata urutan Perundang-undangan negara.
  • Nilai Praksis Pancasila merupakan penjabaran lebih lanjut dari nilai Dasar dan nilai Instrumen Pancasila dengan penjabaran tidak boleh menyimpang. Contoh menghormati, memperlakukan orang dengan adil.

Pembahasan

Pancasila merupakan dasar negara yang memuat nilai-nilai yang dijadikan pedoman dalam berkehidupan berbangsaPancasila merupakan ideologi bangsa yang mengandung 3 nilai didalamnya yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis.

Berikut penjelasan nilai dalam Pancasila, yaitu:

  • Nilai Dasar Pancasila

Nilai Dasar Pancasila merupakan asas yang diterima yang bersifat mutlak. Nilai tersebut diterima sebagai sesuatu yang benar tanpa perlu dipertanyakan. Nilai Dasar dari Pancasila meliputi nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan. Nilai-nilai tersebut adalah esensi dari sila Pancasila yang bersifat universal yang terkandung cita-cita dan tujuan bangsa. Cita-cita dan tujuan terdapat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang dijadikan hukum tertinggi dan sebagai pokok kaidah negara.

  • Nilai Instrumental Pancasila

Nilai Instrumental Pancasila merupakan pelaksanaan dari nilai dasar yang berbentuk norma sosial dan norma hukum yang diwujudkan dalam peraturan lembaga-lembaga negara. Nilai instrumen dapat berubah asal perubahan tidak menyimpang dari nilai dasar. Perubahan tersebut dilakukan agar Pancasila dapat beradaptasi mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan prinsip dasar. Contoh dari nilai instrumental yaitu kebijakan, program, strategi yang menindaklanjuti nilai dasar berupa TAP MPR, UU, Peraturan pemerintah, dan lainnya.

  • Nilai Praksis Pancasila

Nilai Praksis Pancasila merupakan nilai yang dilaksanakan pada kehidupan secara nyata, merupakan nilai etika atau nilai moral dari nilai-nilai Pancasila. Contohnya adalah interaksi antara nilai instrumental dengan situasi konkret tertentu.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …