Jelaskan pengertian Material Handling menurut American Material Handling Society!

Jelaskan pengertian Material Handling menurut American Material Handling Society!

Jawaban

Pengertian Material Handling atau pemindahan beban secara manual, menurut American Material Handling Society bahwa material handling dinyatakan sebagai seni dan ilmu yang meliputi penanganan (handling), pemindahan (moving), Pengepakan (packaging), penyimpanan (storing) dan pengawasan (controlling) dari material dengan segala bentuknya. (Wignjosoebroto, 1996).

Pembahasan

Kenyamanan pekerja sangat menunjang tingkat produktivitas pekerja, dengan demikian para penanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja harus memikirkan faktor-faktor bahaya biomekanika, alangkah lebih baik apabila aktivitas manual material handling tidak menimbulkan bahaya kepada pekerja dan tidak menimbulkan rasa sakit pada pekerja. Kegiatan Material Handling yang sering dilakukan oleh pekerja di dunia industri antara lain :

  1. Kegiatan pengangkatan benda
  2. Kegiatan pengantaran benda
  3. Kegiatan mendorong benda
  4. Kegiatan menarik benda

Pemindahan bahan secara manual jika tidak dilakukan secara ergonomis akan menyebablan terjadinya kecelakaan kerja, seperti kerusakan jaringan tubuh yang disebabkan oleh beban angkat yang berlebihan seperti nyeri punggung. Masyarakat harus sadar bahwa pada usia menengah (diatas 40 tahun) yakni usia yang berpotensi besar untuk mendapatkan resiko tersebut. Berikut parameter yang harus diperhatikan oleh pekerja terkait pemindahan bahan secara manual:

  1. Beban yang harus diangkat.
  2. Perbandingan antara berat bahan dan operator.
  3. Jarak horisontal antara beban terhadap operator
  4. Ukuran / size beban yang diangkat

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …