Bagaimana globalisasi perekonomian dapat merusak integrasi nasional?

Bagaimana globalisasi perekonomian dapat merusak integrasi nasional?

Jawaban

Globalisasi perekonomian dapat merusak integrasi nasional dengan cara:

  1. Kurangnya toleransi antar golongan.
  2. Kurangnya penghargaan terhadap kemajemukan yang bersifat heterogen.
  3. Kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap Pancasila.

Pembahasan

Integrasi nasional merupakan salah satu hal yang mempersatukan segala perbedaan yang ada dalam masyarakat serta menjadikan suatu keseluruhan yang tidak terpisahkan atau menyatukan berbagai kelompok kecil serta menyatukan sebagai suatu kesatuan bangsa. Ada beberapa contoh integrasi nasional, antara lain:

  1. Melakukan gotong royong, merupakan suatu hal bekerja sama dalam melakukan suatu hal. Dengan demikian, dapat mengesampingkan perbedaan budaya, suku, agama serta ras yang dimiliki dan mengutamakan persatuan untuk bekerja sama meraih suatu hal.
  2. Memakai seragam yang sama, merupakan salah satu contoh integrasi nasional dengan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, budaya serta latar belakang yang dimiliki anak-anak sekolah dalam menggunakan seragam yang sama.
  3. Upacara bendera, merupakan suatu pesertanya yang harus menyanyikan beberapa lagu nasional serta kebangsaan. Misalnya Indonesia raya yang mengikuti bendera dengan berupaya menciptakan integrasi nasional di Indonesia.
  4. Toleransi, merupakan contoh integrasi nasional diantaranya sesama manusia baik antar individu serta kelompok hendaknya saling bertoleransi demi mewujudkan integrasi nasional. Contohnya menghormati orang lain yang memiliki agama serta suku yang berbeda.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …