Tipe perkecambahan ada 2. Tuliskan dan jelaskan kedua tipe tersebut!

Tipe perkecambahan ada 2. Tuliskan dan jelaskan kedua tipe tersebut!

Jawaban

Perkecambahan memiliki dua tipe, yaitu tipe epigeal dan tipe hipogeal. Perkecambahan tipe epigeal adalah tipe perkecambahan dimana kotiledon naik ke atas permukaan tanah saat tumbuh. Perkecambahan tipe hipogeal adalah tipe perkecambahan dimana kotiledon tetap berada di bawah permukaan tanah saat tumbuh.

Pembahasan

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terjadi secara bersama-sama dan beriringan. Pertumbuhan merupakan bertambahnya ukuran, sel, volume, dan massa pada makhluk hidup yang bersifat irreversible (tidak bisa kembali) dan bersifat kuantitatif (dapat diukur). Contohnya antara lain tinggi pohon dan diameter batang. Perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan dan bersifat reversible (bisa kembali/daur) dan kualitatif (tidak dapat diukur). Contohnya antara lain pertumbuhan dan pembelahan sel dan pembentukan bunga pada tumbuhan. Pada tumbuhan, pertumbuhan dan perkembangan dimulai dari perkecambahan sampai tumbuhan dapat menghasilkan bunga dan membentuk biji kembali.

Perkecambahan adalah awal pertumbuhan biji tanaman menjadi pohon. Perkecambahan diawali dengan peristiwa imbibisi, yaitu masuknya air ke dalam biji secara difusi melalui kulit biji. Imbibisi menyebaban dormansi pada biji berhenti dan mengaktivasi hormon giberelin yang merupakan hormon pertumbuhan. Enzim amilase dan hidrolase juga teraktivasi dengan adanya imbibisi. Enzim amilase mengubah amilum pada kotiedon menjadi glukosa dan sukrosa untuk energi pertumbuhan, sedangkan enzim hidrolase memecah lemak dan protein.

Perkecambahan dari kotiledonnya terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Tipe epigeal, yaitu perkecambahan dimana kotiledon terangkat naik ke atas permukaan tanah saat tumbuh. Hal ini dikarenakan pertumbuhan pada hipokotil lebih cepat dari pada pertumbuhan pada epikotil.
  2. Tipe hipogeal, yaitu perkecambahan dimana kotiledon tetap berada di bawah permukaan tanah saat tumbuh. Hal ini dikarenakan pertumbuhan pada epikotil lebih cepat dari pada pertumbuhan pada hipokotil.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …