Pembelajaran yang berlangsung di kelas menunjukkan berusaha untuk mengikuti alur: pendahuluan, kegiatan inti, penutup (akhir pembelajaran). Jelaskan lah mengapa harus demikian? Bagaimana jika tidak demikian?

Pembelajaran yang berlangsung di kelas menunjukkan berusaha untuk mengikuti alur: pendahuluan, kegiatan inti, penutup (akhir pembelajaran). Jelaskan lah mengapa harus demikian? Bagaimana jika tidak demikian?

Jawaban

Dalam pembelajaran didalam kelas, maka kita harus menunjukkan proses pembelajaran yang baik yaitu dimulai dari pendahuluankegiatan inti, dan penutupan. hal ini dilakukan untuk menunjukkan bagian-bagian penting dalam proses pembelajaran. Pada bagian pendahuluan maka peserta didik diransang untuk bisa membuka pengetahuan dasar akan pembelajaran yang akan diikuti. Pada bagian kegiatan inti berupa bagian yang menunjukkan proses dan kegiatan pembelajaran yang baik. Pada bagian ini, maka pemaparan dan pembahasan materi akan dilaksanakan menggunakan berbagai metode yang sudah ditentukan oleh guru sebelumnya. Pada bagian penutup untuk mengakhiri pembelajaran dengan melakukan sedikit ransangan yang membantu peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam belajar.

Pembahasan

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik untuk mengetahui sesuatu yang sebelumnya belum diketahui. Dalam konteks sehari-hari, belajar dilakukan dalam rangka untuk menambah pengetahuan pelajar. Di sekolah dan dilingkungan sekitar kehidupan memiliki proses pembelajaran yang berbeda-beda. Dalam pendidikan informal didalam sekolah, maka belajar dilakukan secara bebas tanpa menggunakan aturan yang sudah ditentukan oleh dinas pendidikan. Berbeda halnya dengan pembelajaran didalam kelas, biasa harus mengikuti berbagai aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Seperti halnya dengan runtutan proses pembelajaran.

  1. Pendahuluan yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mengawali proses pembelajaran. Pada bagian ini, biasanya peserta diberikan ransangan untuk membuka pemikiran akan pembelajaran yang dilakukan. Sapaan dan doa pembuka biasa dilakukan untuk mengawali kegiatan ini.
  2. Kegiatan inti yaitu kegiatan utama yang menempatkan materi pembelajaran menjadi topik utama dalam jangka waktu yang di telah direncanakan oleh guru. Pada kegiatan ini, menggunakan berbagai metode yang dipilih, guru berusaha untuk memahamkan materi pembelajaran pada peserta didik, baik melalui diskusi antar teman, mencari informasi didalam buku ataupun melalui tanya jawab antara guru dan siswa.
  3. Kegiatan penutup, yaitu kegiatan yang menjadi penutup proses pembelajaran. Pada bagian ini, peserta didik diberikan semangat untuk tetap belajar dan mengarahkan peserta didik untuk membaca dan memahami pembelajaran selanjutnya.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.