Apa perbedaan pembangkit listrik gelombang laut dan pasang surut?

Apa perbedaan pembangkit listrik gelombang laut dan pasang surut?

Jawaban

Perbedaan pembangkit listrik gelombang laut dengan pembangkit listrik pasang surut adalah sebagai berikut:

  • Gelombang Laut

Ketika alat ini diletakkan di permukaan laut, maka akan mendapat tekanan dari permukaan gelombang laut yang naik. Ini mendorong udara di sekitar alat  ke dalam alat. Hal ini dapat terjadi karena alat ini menggunakan sistem kolom air getar yang menggunakan sistem kedap udara secara internal. Sistem ini mengurangi tekanan di  dalam kolom yang terdapat di dalam alat dan memungkinkan udara  sekitar didorong ke dalam alat. Selain itu, udara yang  masuk ke dalam alat  menggerakkan turbin yang terdapat di dalam alat. Turbin tersebut telah dihubungkan dengan generator sehingga generator juga akan bekerja ketika udara masuk ke dalam alat. Dengan demikian, generator dapat menghasilkan energi listrik.

  • Pasang Surut

Pembangkit listrik tenaga pasang surut dapat menghasilkan listrik dalam jumlah besar. Salah satu alasan utama adalah bahwa air sangat padat sehingga sekitar 830 kali lebih padat daripada udara. Ini berarti  turbin pasang surut  menghasilkan lebih banyak energi daripada turbin angin dengan ukuran yang sama.

Pembahasan

  • Pembangkit Listrik Gelombang Laut

yang membedakan pasang surut dengan  pembangkit  gelombang laut yang  ada  adalah jumlah turbin yang digunakan. Sesuai dengan namanya, alat ini menggunakan dua  turbin, namun kebanyakan alat lainnya hanya menggunakan satu turbin. Pada alat ini, satu turbin dipasang pada saluran masuk udara dan turbin lainnya dipasang pada saluran keluar udara. Udara yang keluar dari alat masih menyimpan energi kinetik yang dapat menggerakkan turbin pada saluran keluar udara.

Oleh karena itu, energi tidak hanya dihasilkan saat udara masuk ke perangkat, tetapi  juga dapat dikumpulkan saat  keluar dari perangkat. Turbin Ganda Penggunaan dua  turbin dalam energi gelombang merupakan inovasi yang diciptakan oleh tim ini. Alat ini dapat meminimalkan kehilangan energi yang ditimbulkan oleh alat yang sudah digunakan. Ini mengarah pada perolehan energi yang  lebih besar. Perhitungan menunjukkan bahwa alat ini dapat menghasilkan energi listrik hingga 9,3 juta MW bila digunakan di daerah gelombang laut yang kuat.

  • Pembangkit Listrik Pasang Surut

Energi pasang surut adalah energi yang diperoleh dari kenaikan atau penurunan air laut dan diubah menjadi bentuk energi lain terutama listrik. Tenaga pasang surut adalah jenis energi terbarukan, yang jumlahnya relatif lebih dapat diprediksi daripada angin dan matahari. Karena biaya awal yang tinggi dan terbatasnya jumlah situs dengan air pasang yang cukup, penggunaannya tidak meluas saat ini. Penelitian dan pengembangan lebih lanjut akan terus  meningkatkan efisiensi dan batas kritis dari energi yang dihasilkan, memberikan cara yang berbeda untuk mengekstrak energi jenis ini.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …