Bagaimana cara indonesia menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan?

Bagaimana cara indonesia menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan?

Jawaban

Cara indonesia menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan yaitu melalui beberapa cara, yaitu:

  1. Surat kabar, surat kabar pertama yang menyiarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia ialah Soeara Asia yang terbit di Surabaya dan Tjahaya yang terbit di Bandung.
  2. Kantor berita Yoshima (Antara) sekarang dikenal sebagai Kantor Berita Antara
  3. Radio, sekarang dikenal Radio Republik Indonesia
  4. Sarana lain, dengan cara melakukan pemasangan pamflet, poster, dan spanduk. Pemasangan tersebut ditempel pada tembok-tembok bahkan gerbong kereta api.

Pembahasan

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta. Naskah tersebut diketik oleh Sayuti Melik. Sedangkan Ir. Soekarno, Ahmad Soebardjo, dan Mohammad Hatta yang menyusun naskahnya. Teks proklamasi ditandatangani di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda, Jalan Meiji Dori. Sekarang dikenal menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat. Walaupun proklamasi berlangsung sangat singkat, namun peristiwa tersebut mengandung arti sangat penting dan membawa perubahan sangat besar dalam kehidupan bangsa Indonesia,yakni:

  1. Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam menggapai kemerdekaan.
  2. Dengan proklamasi berarti bangsa Indonesia memperoleh kebebasan untuk menentukan atau memilih nasibnya sendiri sebagai bangsa yang berdaulat.
  3. Proklamasi merupakan jembatan emas untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur, serta sejahtera.

Check Also

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari Jawaban Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah Beriman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.