Mengapa instrumen dalam penelitian harus diuji validitas dan reliabilitasnya?

Mengapa instrumen dalam penelitian harus diuji validitas dan reliabilitasnya?

Jawaban

Alasan Instrumen dalam suatu penelitian perlu dilakukan uji validitas dan reliabilitas adalah supaya instrumen yang digunakan benar – benar telah valid dan juga reliabel, tidak asal – asalan dan tentunya sudah bisa digunakan secara legal untuk penelitian ilmiah.

Pembahasan

Dalam penelitian ilmiah dibutuhkan sebuah instrumen yang dapat digunakan sebagai alat ukur dalam pengambilan data yang akan diteliti. Alat atau instrumen yang baik dapat digunakan dalam penelitian jika instrumen penelitian tersebut telah berhasil melalui tahapan uji coba instrumen. Uji coba yang dilakukan yaitu uji validitas. Pengujian ini dilaksanakan supaya instrumen bisa memenuhi kriteria dan tepat sebagai alat ukur dalam suatu penelitian. Uji validitas dilaksanakan oleh seorang validator yang dimana tugasnya adalah untuk menguji ketepatan suatu instrumen penelitian supaya sesuai dengan kriteria data yang akan didapatkan. Kriteria – kriteria yang digunakan dalam instrumen penelitian harus sesuai dengan tujuan dari penelitian yang hendak dilaksanakan. Setelah semua kriteria memenuhi dan telah disahkan oleh validator, maka instrumen penelitian tersebut dapat digunakan dalam penelitian. Contoh instrumen penelitian adalah kuesioner, angket, daftar wawancara, dan lain sebagainya.

Setelah semua data dari instrumen tersebut diperolah, maka selanjutnya akan diolah dalam tahap evaluasi penelitian. Dimana data yang didapatkan akan di olah apakah telah mencapai target dari tujuan penelitian. Setelah hasil penelitian didapatkan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari penelitian tersebut sesuai dengan rumusan masalah yang telah dirumuskan dalam penelitian.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …