Mengapa dalam masyarakat tercipta masyarakat yang dikelompokkan secara horizontal?

Mengapa dalam masyarakat tercipta masyarakat yang dikelompokkan secara horizontal?

Jawaban

Alasan dalam masyarakat yang tergolong secara horizontal adalah karena suatu masyarakat tersebut dapat menggambarkan sebuah perbedaan yang dapat membagi masyarakat berdasarkan pada perbedaan suku – bangsa, agama, adat istiadat dan juga perbedaan kedaerahan.

Pembahasan

Masyarakat Indonesia merupakan suatu masyarakat majemuk, yang dimana terdapat berbagai macam suku, agama, ras dan juga kebudayaan yang tersebar lebih dari 3.000 pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Dengan rakyat Indonesia yang menyentuh angka ratusan juta dan didukung oleh pembagian wilayah serta kemajemukan dan kebhinekaan yang ada, maka, pastinya struktur sosial di Indonesia begitu kompleks.

Timbulnya pluralitas dalam masyarakat Indonesia disebabkan oleh tiga faktor, yaitu sebagai berikut:

  • Faktor georgrafis Indonesia yang dimana mempunyai beribu pulau besar dan pulau kecil yang membentang dari Sabang hingga Merauke dengan keadaan alam dan wilayah yang berbeda – beda sehingga timbul keanekaragaman suku bangsa dan budaya bangsa.
  • Letak Indonesia yang diapit oleh dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia serta dua samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik yang dapat menjadikan Indonesia sebagai jalur strategis dalam perdagangan dunia sehingga dapat menimbulkan pluralitas agama.
  • Kondisi iklim dan cuaca di Indonesia yang beriklim tropis yang dapat mengakibatkan curah hujan di Indonesia merata serta dapat membawa kesuburan tanah di Indonesia, sehingga menjadikan pulau Jawa sebagai pusat perdagangan di Indonesia. Maka dari itu, pulau Jawa menjadi pusat bertemunya segala budaya dan suku bangsa yang ada di Indonesia.

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …