Mengapa kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada vakum of power?

Mengapa kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada vakum of power?

Jawaban

Indonesia sebagai bekas jajahan Jepang, Indonesia mengalami kekosongan kekuasaan (vacum of power). Kekosongan kekuasaan adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pemegang kekuasaan  kehilangan kendali atas sesuatu dan tidak ada yang dapat menggantikannya. Dalam keadaan demikian, bangsa Indonesia  memanfaatkan kesempatan ini untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pembahasan

Istilah “proklamasi” berasal dari bahasa Latin “proclamare”. Ini berarti pengumuman atau komunikasi kepada masyarakat umum. Pemberitahuan yang dimaksud adalah pemberitahuan konstitusional. “Proklamasi kemerdekaan” berarti mendeklarasikan kemerdekaan negaranya kepada semua orang. Pengumuman kemerdekaan adalah untuk orang-orang di seluruh dunia dan  semua negara di dunia, bukan hanya mereka yang merasa merdeka. Dengan diumumkannya Proklamasi Kemerdekaan dan komunikasinya kepada seluruh warga dunia, seluruh dunia akan mengetahui bahwa ada bangsa baru yang terbebas dari jajahan bangsa lain. Proklamasi kemerdekaan yang dilakukan di suatu negara sangat penting bagi negara tersebut. Proklamasi Kemerdekaan merupakan  tanda bahwa bangsa-bangsa telah mencapai suatu revolusi, membuat sejarah perjuangan, dan yang  terpenting telah dibebaskan dari tangan penjajah. Namun, jalan menuju proklamasi kemerdekaan  tidaklah mudah. Seperti halnya di Indonesia,  terdapat berbagai jejak perjuangan nasionalisme, salah satunya  terjadi di Surabaya.

Dapat dikatakan bahwa sejarah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia cukup panjang. Namun pada hakikatnya, sejarah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia terbagi menjadi tiga bagian penting. Bagian pertama menggambarkan pertemuan di Dalat. Bagian kedua menggambarkan pertemuan antara Soekarno Hatta dengan Mayjen Nishimura dan Tadashi Maeda. Dan bagian ketiga, kasus Rengasdengklok. Saat itu, banyak hal yang terjadi setelah Soekarno membacakan  Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sebelum membacakan Proklamasi 17 Agustus 1945. Salah satunya adalah pengeboman Kota Hiroshima. Di Kota Nagasaki pada tanggal 6 Agustus 1945 dan  9 Agustus 1945.

Check Also

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar Jawaban Kongres pemuda yang dilaksanakan pada …