Jelaskan apa yang dimaksud dengan Toleransi!

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Toleransi!

Jawaban

Maksud dari toleransi adalah sikap pada diri seseorang yang menghargai dan menghormati pendirian orang lain sekalipun pendiriannya berbeda. Pendirian ini banyak, bisa agama, pendapat, selera, gagasan, kebudayaan, suku bangsa dan lain sebagainya.

Pembahasan

Toleransi singkatnya bisa dimaknai sebagai sikap yang menghargai dan menghormati perbedaan yang ada dalam hidup apapun bentuknya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, toleransi sebenarnya dikategorikan sebagai kata benda (nomina). Adapun kata sifat dari toleransi adalah toleran. Oleh KBBI, toleran diartikan sebagai sikap yang senantiasa menenggang (membiarkan atau membolehkan) pendirian orang lain yang berbeda atau berlainan dengan pendirian diri pribadi. Perbedaan pendirian dalam hal ini menurut KBBI bisa berkaitan dengan banyak hal seperti pendapat, kepercayaan, pandangan, kelakuan, kebiasaan dan semacamnya.

Adapun kata toleransi dalam KBBI dimaknai sebagai berikut:

  1. Sikap ataupun sifat seseorang yang toleran.
  2. Batas ukur dalam mengurangi atau menambahkan sesuatu di mana batas ini masih diperbolehkan.
  3. Penyimpangan yang sifatnya masih bisa diterima (konteksnya dalam pengukuran kerja).

KBBI juga menyebutkan bahwa menoleransi sesuatu artinya membiarkan atau mendiamkan. Toleransi ini maknanya mirip dengan tenggang rasa. Toleransi dan tenggang rasa sendiri adalah sikap positif yang sesuai dengan amanat Pancasila. Toleransi dan tenggang rasa adalah kunci utama kokohnya persatuan dan kesatuan di atas segala perbedaan yang ada.

Check Also

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari Jawaban Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah Beriman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.