Apa yang dimaksud tadarus?

Apa yang dimaksud tadarus?

Jawaban

Arti tadarus adalah pembacaan Al-Quran yang dilaksanakan beramai-ramai atau bersama-sama. Biasanya tadarus ini menjadi kegiatan umum yang dilakukan umat Islam pada bulan Ramadhan.

Pembahasan

Tadarus adalah kata baku dalam Bahasa Indonesia. Oleh sebab itu keberadaannya bisa dijumpai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Tadarus berasal dari bahasa Arab. Dalam bahasa aslinya, tadarus dimaknai sebagai saling mengkaji atau saling mempelajari Al-Quran. Dari makna ini, tadarus bisa dibedakan dari tilawah. Tilawah dilakukan dengan membaca Quran tanpa disertai kegiatan mempelajari dan mengkaji maknanya. Adapun tadarus dilaksanakan dengan membaca Quran bersama-sama dan juga mengkaji makna yang tersimpan pada ayat-ayat yang dibaca tersebut.

Tadarus biasanya dilaksanakan di bulan Ramadhan ketika selesai melaksanakan tarawih di malam hari. Meski disebutkan dilaksanakan bersama-sama, banyak di antara umat islam yang juga melakukan tadarus sendiri. Alasan mengapa tadarus dilaksanakan di bulan Ramadhan adalah adanya kepercayaan balasan pahala berkali lipat bagi mereka yang membaca Quran di bulan yang suci. Lewat tadarus, orang-orang berupaya untuk bisa khatam (menamatkan) Quran di bulan Ramadhan. Biasanya tadarus dilaksanakan dengan target tertentu agar dalam 29 hari, keseluruhan ayat dalam Quran selesai dibaca dan dikaji maknanya.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …