Apa itu koda dalam bahasa Indonesia?

Apa itu koda dalam bahasa Indonesia?

Jawaban

Dalam bahasa Indonesia, arti kata koda adalah penutup atau bagian paling akhir pada suatu komposisi musik yang difungsikan sebagai penutup.  Artian ini bisa kita jumpai langsung dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.

Pembahasan

Kata koda secara umum bermakna penutup. Koda dalam KBBI dikategorikan ke dalam kelompok nomina atau kata benda. Selain dalam dunia musik, koda juga dikenal dalam sastra yang juga difungsikan sebagai bagian penutup. Koda berkedudukan sebagai salah satu unsur yang menyusun cerita. Pada koda biasanya dijumpai amanat atau pesan yang hendak disampaikan penulis pada pembacanya. Pada beberapa jenis karya, kedudukan koda adalah opsional atau pilihan.

Biasanya koda terletak setelah resolusi. Resolusi pada karya berupa cerita diartikan sebagai unsur yang memuat penyelesaian masalah yang disajikan pada bagian konflik. Dari resolusi inilah kemudian pesan yang disampaikan pada koda bersumber. Apabila suatu karya tidak dilengkapi dengan koda maka makna dan amanat cerita akan ia simpulkan mandiri dari resolusi yang dipaparkan.

Agar lebih memahami apa itu koda, silahkan simak contohnya berikut ini:

  • Pada akhirnya masalah yang dihadapi Kania terselesaikan. Perasaannya sangat lega dan ia pun berjanji pada dirinya untuk tidak lagi berbohong. Kania berpikir jauh lebih baik berkata jujur walau pahit karena akibat yang ia dapatkan sungguh tidak mengenakkan. Kania bertekad akan terus memegang teguh kejujuran apapun hambatannya.

Check Also

Sebutkan contoh hasil kegiatan perekonomian bidang pertanian!

Sebutkan contoh hasil kegiatan perekonomian bidang pertanian! Jawaban Salah satu bentuk usaha agraris yang paling …