Apa yang dimaksud dengan psikis?

Apa yang dimaksud dengan psikis?

Jawaban

Arti kata psikis adalah sifat yang berkaitan dengan psike. Psike artinya adalah rohani, jiwa, sukma dan lain sebagainya. Dengan demikian, psikis bisa dimaknai segala sesuatu yang berkaitan dengan kejiwaan, kondisi rohani dan sukma seseorang. Lawan dari psikis adalah fisik.

Pembahasan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata psikis dikategorikan ke dalam kelompok adjektiva atau kata sifat yang fungsinya adalah menjelaskan nomina ataupun pronomina. Adapun kata psike ditandai sebagai n psi dalam KBBI. Kode n menunjuk pada kata benda atau nomina dank ode psi menunjuk pada ilmu psikologi. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa psike adalah kata teknis karena berkaitan dengan ilmu pengetahuan tertentu.

Lawan dari kata psikis adalah fisik. Jika psikis berkaitan dengan jiwa dan rohani maka fisik berkaitan dengan badan atau jasmani seseorang. Agar lebih memahami makna kata psikis, silahkan simak contoh penggunaannya pada kalimat berikut ini:

  1. Kondisi psikisnya terganggu setelah kedua orang tuanya tiada.
  2. Kesehatan psikis remaja semestinya diperhatikan utamanya di masa pubertas.
  3. Jagalah kesehatan psikis sebagaimana kalian menjaga kesehatan jasmani.
  4. Pakar berpendapat salah satu cara mengatasi masalah psikis remaja adalah dengan menciptakan kehidupan rumah tangga yang harmonis.
  5. Kondisi psikis yang buruk bisa mengganggu kesehatan jasmani seseorang.

Check Also

Jelaskan macam-macam biaya produksi perusahaan dalam jangka pendek!

Jelaskan macam-macam biaya produksi perusahaan dalam jangka pendek! Jawaban Berikut macam-macam biaya produksi jangka pendek …