Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan?

Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan?

Jawaban

Alasan mengapa dalam menghasilkan listrik perlu dibangun bendungan adalah karena bendungan ini dilengkapi dengan turbin yang digerakkan oleh air yang jatuh dari ketinggian. Turbin yang bergerak karena air akan menghasilkan energi gerak yang oleh generator akan diubah menjadi energi listrik.

Pembahasan

Soal di atas berkaitan dengan materi yang ada dalam buku tematik untuk kelas 4 SD tepatnya pada tema 9 subtema 1 dengan judul ‘Kekayaan Sumber Energi di Indonesia’. Soal di atas berkaitan dengan bacaan berjudul ‘Air dan Listrik’. Berikut pokok-pokok informasi dalam bacaan tersebut:

  • Air punya banyak manfaat dalam kehidupan manusia, oleh sebab itu pemanfaatannya harus bijaksana dan seimbang.
  • Listrik adalah salah satu energi yang kedudukannya vital dalam kehidupan manusia sehingga penggunaannya juga harus bijaksana.
  • Ada banyak pembangkit tenaga listrik dan salah satunya adalah PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air. PLTA ini biasanya kita jumpai pada waduk atau bendungan.
  • Waduk dan bendungan menghasilkan listrik karena aliran air yang jatuh dari ketinggian akan menggerakkan turbin yang ada. Turbin ini tersambung dengan generator. Saat turbin bergerak maka akan tercipta energi gerak yang dialirkan ke generator. Oleh generator, energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini akan ditampung dan disalurkan ke masyarakat untuk kemudian digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Check Also

Sebutkan contoh hasil kegiatan perekonomian bidang pertanian!

Sebutkan contoh hasil kegiatan perekonomian bidang pertanian! Jawaban Salah satu bentuk usaha agraris yang paling …