Apa yang dimaksud dengan paraton dan berikan contoh?

Apa yang dimaksud dengan paraton dan berikan contoh?

Jawaban

Paraton adalah paragraf wicara, artinya suatu paragraf (kumpulan kalimat) yang disuarakan, disampaikan lewat suara, diwicarakan dan lain sebagainya. Dengan demikian, jika dijawab secara tulisan, maka bentuknya akan sama saja seperti paragraf (tertulis) lainnya.

Pembahasan

Jika tertulis, paragraf diakhiri dengan dimulainya alinea baru dengan kalimat pertama yang sedikit menjorok ke dalam. Adapun paragraf wicara (paraton), penandanya adalah isyarat intonasi yang menurut Brown dan Yule cirinya sebagai berikut:

  • Terdapat jeda yang cukup panjang yang teridentifikasi pada bagian paling akhir dari paraton pada wacana yang dilisankan.
  • Terdapat gerakan badan sebagai isyarat perubahan pada percakapan yang bisa berujung pada perubahan topik.
  • Adanya sejumlah pengisi seperti ‘baik’, ‘anda tahu’, ‘ok’ dan lain-lain.
  • Intonasi yang dipakai menandai pergeseran topik dalam pembicaraan.

Berikut ini contoh paraton jika dituliskan dalam bentuk paragraf tulisan:

Selamat pagi untuk semua yang hadir di sini. Hari ini kita bertemu kembali dalam keadaan sehat dan bahagia. Di tengah pandemi yang melanda, tentu kekayaan yang sebenarnya adalah kesehatan dan hati yang gembira. Keduanya menjadi hal yang sulit diwujudkan semua manusia pada masa yang pelik ini. Oleh sebab itu kita wajib untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baiklah para hadirin dan hadirat yang saya hormati.

Bagian ‘baiklah para hadirin dan hadirat yang saya hormati’ menjadi batas akhir paraton atau paragraf dalam wacana lisan.

Check Also

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari Jawaban Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah Beriman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.