Masa penjajahan Portugis di Indonesia

Masa penjajahan Portugis di Indonesia

Jawaban

Masa penjajahan Portugis dimulai saat mendarat di nusantara pada tahun 1512 dan berkuasa (memonopoli perdagangan) hingga tahun 1575 di mana mereka mulai mengalami kemunduran dan dipaksa pergi dari Maluku. Namun baru pada tahun 1605, Portugis benar-benar hengkang dari nusantara karena bersaing dengan Belanda (VOC). Portugis masuk wilayah Indonesia dibawah pimpinan sosok penting bernama Afonso de Albuquerque.

Pembahasan

Berikut ini garis waktu masa penjajahan Portugis di Indonesia (nusantara):

  • Tahun 1511, Portugis berhasil menguasai Melaka. Lalu pada tahun 1512, mereka mengadakan ekspedisi ke Maluku yang merupakan penghasil rempah-rempah. Ekspedisi ini melewati beberapa wilayah seperti Madura – Bali – Lombok – Aru – Banda lalu tiba di Ambon, Ternate dan Tidore. Pada mulanya Portugis disambut dengan baik sebab dipandang sebagai calon pembeli rempah dengan harga yang tinggi dan dianggap akan membantu Sultan Ternate dalam menghadapi Tidore. Anggapan ini seiring waktu keliru dan Ternate berbalik berperang dengan Portugis.
  • Selain bertujuan menguasai rempah-rempah dan memonopoli perdagangan, Portugis juga diketahui membawa misi penyebaran agama atau gospel. Sosok misionaris yang mempelopori upaya tersebut adalah Fransisco Xavier. Misi ini sendiri baru dimulai tahun 1534 dan turut menjadi salah satu penyebab konflik antara Portugis (dan Spanyol) melawan Ternate.
  • Kemunduran Portugis dimulai dari tahun 1575 saat mengalami kekalahan melawan penduduk Ternate. Namun sejarah mencatat bahwa Portugis baru benar-benar hengkang dari Nusantara setelah VOC mengusir mereka.

 

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …