Contoh perilaku dikerjakan pendidikan kewarganegaraan

Contoh perilaku dikerjakan pendidikan kewarganegaraan

Jawaban

Contoh perilaku yang dikerjakan (sesuai dengan) pendidikan kewarganegaraan:

  1. Bersikap demokratis dengan mengutamakan kepentingan bersama, menghargai aspirasi, menyalurkan hak pilih dengan jujur dan lain sebagainya.
  2. Bersikap toleran dengan menghargai pendirian orang lain, apapun bentuknya, walau berbeda dari pendirian yang dianut.
  3. Menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup yang dibuktikan lewat ketaatan dalam beribadah, kesediaan menolong orang lain yang membutuhkan, menjaga kerukunan, rela berkorban demi bangsa, bersikap adil, mengutamakan musyawarah mufakat dan lain sebagainya.

Pembahasan

Pendidikan Kewarganegaraan adalah pendidikan yang tujuan utamanya adalah mendidik moral bangsa, menjadikan masyarakat demokratis, cerdas, dan berakhlak mulia yang kemudian diharapkan konsisten dalam mengembangkan serta melestarikan cita-cita demokrasi. Misi khusus yang dibawa oleh PKn atau Pendidikan Kewarganegaraan adalah mewujudkan proses pendidikan yang sifatnya terarah dalam mengembangkan kemampuan individu. Dengan demikian, diharapkan akan terbentuk warga negara yang tak hanya cerdas, berakhlak dan bertanggung jawab, namun juga partisipatif dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.

Landasan utama Pendidikan Kewarganegaraan tentunya adalah Pancasila di mana warga negara Indonesia dipandang sebagai makhluk invididual, susila, sosial sekaligus makhluk religi yang secara ideal semua status tersebut dikembangkan seimbang. Pendidikan Kewarganegaraan diharapkan bisa menanamkan dan memperkokoh nasionalisme juga nilai-nilai moral dalam diri pelajar yang seterusnya jadi modal utama dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …