Sebutkan apa saja manfaat dari bekatul!

Sebutkan apa saja manfaat dari bekatul!

Jawaban

Berikut beberapa manfaat bekatul:

  1. Sebagai pakan hewan ternak, contohnya ayam, sapi, kerbau, domba bahkan juga ikan seperti lele.
  2. Sebagai bahan konsumsi manusia. Bekatul disebut juga rice barn dan bisa dikonsumsi manusia. Bahkan ahli kesehatan menyebut bekatul makanan sehat kaya khasiat.

Pembahasan

Bekatul adalah bagian paling luar dari bulir (buah sekaligus biji) dari tanaman serealia. Bekatul ini bagian biji yang juga terbungkus sekam. Bekatul bisa dijumpai pada beragam tanaman biji-bijian seperti jelai, gandum dan juga padi. Meski begitu, bekatul yang kita  jumpai di pasaran umumnya berasal dari biji padi. Adapun dalam jenis yang terbatas pemasarannya seperti bekatul dari milet, jagung, gandum dan jelai.

Berbicara mengenai bekatul, sebagian besar dari kita pasti beranggapan makanan ini khusus untuk hewan ternak. Padahal bekatul juga ternyata bisa dikonsumsi manusia dan terbukti punya banyak manfaat kesehatan. Kandungan gizi bekatul mulai dikaji lebih dalam saat Dr. Eijkman menemukan tiamin atau vitamin B di dalamnya. Jika dikonsumsi dengan teratur maka bisa menekan potensi seseorang terkena penyakit beri-beri. Selain tiamin, bekatul kaya zat bermanfaat lainnya seperti protein, serat pangan, vitamin e, lemak sehat, zinc, fosfor, kalsium, mangan, magnesium dan lain sebagainya. Selain itu, diketahui bekatul juga diperkaya dengan kandungan antioksidan tinggi sehingga manfaatnya sebagai makanan bergizi bisa dirasakan mereka yang rutin mengkonsumsi.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.