Sebutkan contoh manfaat perubahan energi cahaya menjadi energi listrik dalam kehidupan sehari-hari​!

Sebutkan contoh manfaat perubahan energi cahaya menjadi energi listrik dalam kehidupan sehari-hari​!

Jawaban

Contoh pemanfaatan perubahan energi cahaya menjadi energi listrik dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunaan panel surya di rumah. Panel surya ini biasanya ditempatkan di atap rumah untuk menyerap cahaya matahari yang kemudian diubah jadi energi listrik. Energi listrik tersebut kemudian digunakan sebagai sumber energi sejumlah alat elektronik.

Pembahasan

Hukum Kekekalan Energi menyatakan bahwa energi tak bisa diciptakan dan tak bisa pula dimusnahkan. Meski begitu, energi bisa diubah dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain. Hukum Kekekalan ini berkaitan dengan soal di mana energi cahaya yang berasal dari matahari tidak bisa dimusnahkan atau diciptakan tetapi bisa diubah menjadi energi listrik. Alat khusus yang fungsinya menyerap energi cahaya lalu mengubahnya menjadi energi listrik dinamakan sebagai panel surya. Saat ini panel surya dijual bebas sehingga masyarakat umum bisa membeli dan memanfaatkan alat tersebut di rumah.

Energi listrik yang dihasilkan dari panel surya bisa dimanfaatkan dalam beragam cara, antara lain:

  1. Digunakan untuk menghidupkan alat elektronik seperti kipas angin, AC, kulkas, televisi, radio, microwave, kompor induksi dan banyak lagi lainnya.
  2. Digunakan mengisi daya ponsel atau mobil listrik.

Dan lain sebagainya.

Ketersediaan cahaya matahari yang sifatnya kekal sepanjang riwayat semesta menjadikannya cocok disebut sebagai energi alternatif (dibedakan dari energi konvensional yang selalu terancam kelangkapan).

Check Also

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar Jawaban Kongres pemuda yang dilaksanakan pada …