Beberapa tenaga ahli untuk membangun Masjid Agung Sang Cipta Rasa dikirim oleh​?

Beberapa tenaga ahli untuk membangun Masjid Agung Sang Cipta Rasa dikirim oleh​?

Jawaban

Sejumlah tenaga ahli yang dikirim untuk membangun Masjid Agung Sang Cipta Rasa dikirimkan oleh Raden Patah. Raden Patah sendiri adalah salah satu dari sembilan walisongo.

Pembahasan

Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah nama lain dari Masjid Agung Cirebon. Masjid ini berlokasi di wilayah Keraton Kasepuhan yang ada di Kota Cirebon Jawa Barat. Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah bagian tak terpisahkan dari alun-alun Kota Cirebon (bagian barat). Masjid yang satu ini diyakini banyak orang sebagai masjid paling tua di Cirebon. Waktu pembangunannya pada tahun 1480 masehi dan diyakini hasil karya dari para Walisongo. Sosok yang memprakarsai pembangunan masjid ini adalah sunan Gunung Jati dibantu oleh beberapa sunan lainnya seperti Raden Patah yang mengirimkan beberapa tenaga ahlinya dari Demak untuk turut membangun masjid. Selain itu, sosok yang memimpin pembangunan masjid tersebut adalah Sunan Kalijaga. Ia bersama dengan sosok bernama Raden Sepat didaulat sebagai arsitek masjid. Maka tidak mengherankan jika seni melekat kuat pada bangunan masjid.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini dikelilingi pagar berbentuk tembok yang diperkaya dengan hiasan pada semua bagian-bagiannya termasuk pada bagian puncak yang dilengkapi dengan pelipit rata. Pada halaman masjid sendiri terdapat gapura paduraksa berjumlah enam yang terbagi di arah timur, utara dan barat.

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …