Amanat cerpen ‘Hukuman Manis Buat Arya’

Amanat cerpen ‘Hukuman Manis Buat Arya’

Jawaban

Amanat yang ada dalam cerpen berjudul ‘Hukuman Manis Buat Arya’ adalah menjaga kejujuran diri, mengakui kesalahan jika berbuat salah disertai tekad tidak mengulangi dan menghukum tidak selalu dengan cara buruk yang menyakiti dan mempermalukan.

Pembahasan

Cerpen berjudul ‘Hukuman Manis Buat Arya’ bisa dijumpai pada buku Bahasa Indonesia kelas 2 SMP tepatnya pada halaman 252 hingga 253. Adapun pokok-pokok cerita cerpen tersebut sebagai berikut:

  • Tokoh utama bernama Arya. Ibu Arya adalah guru matematika di sekolah dan bertugas untuk menyusun soal ujian.
  • Deni, teman Arya, menantangnya untuk mencari tahu soal ujian tersebut. Deni menyebut Arya pengecut karena tak berani melakukan tantangannya.
  • Arya tidak senang disebut pengecut maka ia pun melakukan apa yang Deni minta. Arya diam-diam mencari tahu soal ujian yang disusun ibunya.
  • Saat ujian tiba, soal yang keluar persis sama seperti yang Arya intip di buku persiapan ujian ibunya. Hasilnya, ia dan Deni pun menyelesaikan soal dan mendapat nilai sempurna.
  • Sesampainya di rumah, Arya disambut perayaan kecil-kecilan oleh ayah, ibu dan adiknya karena sudah mendapat nilai sempurna pada ujian. Namun hati Arya terusik. Ia segera merasa bersalah karena nilai sempurnanya adalah hasil kecurangan.
  • Arya pun kemudian meminta maaf ke ibunya dan mengakui perbuatan. Ibu memaafkan dan menyampaikan bahwa ia sudah tahu sejak awal perbuatan Arya namun ibu memilih cara yang baik untuk menghukumnya. Cara inilah yang dimaksud judul cerpen sebagai hukuman yang manis.

Check Also

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan?

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan? Jawaban Kongres Pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan Perhimpunan Pelajar-Pelajar …