5 hak murid di sekolah dan akibat tidak terpenuhi

5 hak murid di sekolah dan akibat tidak terpenuhi

Jawaban

Berikut 5 hak-hak murid di sekolah dan akibat apabila tidak dipenuhi:

  1. Hak mendapatkan pengajaran yang baik dari guru. Akibat jika tidak terpenuhi, murid akan tertinggal dalam pelajaran, sulit menjadi sosok yang cerdas dan berbudi.
  2. Hak diperlakukan sama oleh guru. Akibat jika tidak dipenuhi, murid akan merasa rendah diri, merasa dikucilkan, kehilangan semangat dan kepercayaan diri termasuk dalam berprestasi.
  3. Hak menggunakan fasilitas di sekolah. Akibat jika tidak dipenuhi, kegiatan belajar mengajar akan terganggu.
  4. Hak untuk bertanya. Akibat jika tidak dipenuhi, siswa menjadi sosok yang kurang kritis, malu bertanya, tidak percaya diri berbicara di depan umum.
  5. Hak mendapatkan perlindungan di sekolah. Akibat jika tidak dipenuhi, murid tidak bisa melaksanakan kegiatan dengan aman dan nyaman.

Pembahasan

Pada diri setiap orang, melekat hak dan kewajiban sesuai dengan kedudukannya dalam masyarakat. Seorang anak misalnya akan memiliki hak dan kewajiban tertentu di rumah. Anak ini, ketika ia ada di sekolah, akan memiliki hak dan kewajiban lainnya sesuai dengan kedudukannya sebagai murid atau siswa. Pada lingkungan apapun, hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang agar kehidupan bisa berjalan harmonis, terhindar dari konflik dan perselisihan dan terbangun suasana yang saling menghargai dan menghormati.

 

Check Also

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan?

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan? Jawaban Kongres Pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan Perhimpunan Pelajar-Pelajar …