Sebutkan makna pada pita yang dicengkeram oleh burung Garuda Pancasila!

Sebutkan makna pada pita yang dicengkeram oleh burung Garuda Pancasila!

Jawaban

Tulisan yang ada pada pita yang dicengkram burung Garuda Pancasila adalah Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika ini adalah semboyan resmi bangsa Indonesia yang bermakna berbeda-beda namun tetap satu jua.

Pembahasan

Garuda Pancasila adalah lambang resmi bangsa Indonesia. Burung Garuda ini memiliki warna keemasan di mana pada dadanya terdapat perisai. Pada perisai tersebut terdapat 5 simbol yang masing-masing mewakili sila pada Pancasila. Selain perisai pada dada, burung Garuda Pancasila juga terlihat mencengkram pita berwarna putih. Pada pita tersebut terdapat tulisan ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Tulisan ini bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Sanskerta di mana kata Bhinneka bermakna berbeda atau beragam, Tunggal artinya satu dan Ika artinya itu.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika diambil pendiri bangsa kita dari dalam Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular yang hidup di zaman Kerajaan Majapahit. Di zaman tersebut, masyarakat memang sudah beragam utamanya dalam agama. Diketahui di waktu itu ada dua agama yang mayoritas dianut, yakni Hindu dan Siwa (aliran Buddha). Meski berbeda keyakinan, namun masyarakat tetap hidup rukun dan harmonis. Semangat ini yang berusaha diadopsi pendiri bangsa kita dengan menjadikan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia.

Check Also

Usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman-tanaman keras disebut?

Usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman-tanaman keras disebut? Jawaban Usaha agraris adalah jenis usaha yang sangat …