Jelaskan perbedaan siklus akuntansi pada pemerintah daerah dengan siklus akuntansi perusahaan!

Jelaskan perbedaan siklus akuntansi pada pemerintah daerah dengan siklus akuntansi perusahaan!

Jawaban

Perbedaan akuntansi pemerintah dan akuntansi perusahaan bisa dilihat dari aspek beban, penganggarannya, kepemilikan dan standar akuntansi. Standar akuntansi ini digunakan berbeda antara perusahaan dan pemerintahan.

Pembahasan

Adapun perbedaan akuntansi pemerintahan dengan perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Aspek beban, Pada akuntansi keuangan (komersial) terdapat pengertian expense (beban), sedangkan pada akuntansi pemerintahan tidak menggunakan istilah expense melainkan expenditure atau kurang lebih berarti pengeluaran anggaran atau belanja.
  2. Aspek penganggaran, Pada akuntansi pemerintahan terdapat akuntansi anggaran (budgetory accounting), anggaran tersebut termasuk dalam sistem informasi akuntansi serta terdapat akun atau rekening (account) “anggaran” dalam bagan rekening (chart of account). Sedangkan dalam akuntansi komersial, walaupun terdapat anggaran, tetapi anggaran tersebut tidak termasuk dalam sistem akuntansi dan karenanya tidak terdapat rekening anggaran pada bagan atau klasifikasi rekening
  3. Aspek kepemilikan, Dalam akuntansi komersial, pemilik tanda tersebut dalam akuntansi dicatat sebagai modal saham, yang bertindak sebagai pemegang kebijakan stratejik perusahaan. Sedangkan pada akuntansi pemerintahan, tanda kepemilikan individual seperti akuntansi komersial tidak ada, sehingga tidak ada pencatatan berupa modal saham.
  4. Aspek Standar Akuntansi, Dalam penyusun standar akuntansi komersial untuk bisnis di Indonesia adalah Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), sedangkan penyusun standar akuntansi pemerintahan adalah Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP).
  5. Aspek keamanan, Akuntansi pemerintah dijaga ketat dengan mengikuti aturan keuangan dan ketentuan pemerintah. Sedangkan akuntansi komersial dikelola dengan mengikuti aturan dan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …