Bagaimana membedakan liabilitas jangka pendek dengan liabilitas jangka panjang?

Bagaimana membedakan liabilitas jangka pendek dengan liabilitas jangka panjang?

Jawaban

Liabilitas jangka panjang adalah utang dengan pelunasan diberikan jangka waktu yang lebih dari satu tahun. Sedangkan, liabilitas jangka pendek merupakan utang yang pembayarannya maksimal satu tahun dari siklus operasi perusahaan yang diutangi.

Pembahasan

Liabilitas merupakan utang yang dilakukan dalam memenuhi kebutuhan operasional bisnis. Liabilitas ini diartikan sebagai kewajiban seseorang yang harus dibayar berdasarkan periode waktu tertentu. Liabilitas terbagi menjadi 2 jenis, yaitu liabilitas jangka panjang dan liabilitas jangka pendek. Liabilitas jangka panjang adalah utang yang pelunasannya memiliki jangka waktu lama yaitu lebih dari 1 tahun. Dimana, biasanya liabilitas jangka panjang ini dilakukan karena kebutuhan dana untuk membeli tambahan aset tetap. Contoh liabilitas jangka panjang adalah utang bond, wesek jangka panjang, wesek hipotek, utang hiopotik, uang muka dan utang kredit bank jangka panjang. Adapun karaktersitik liabilitas jangka panjang adalah :

  • Tanggal jatuh temponya lebih lama pada periode akuntansi
  • Terdapat aset barang dan jaminan
  • Pembayaran dilakukan dengan cicilan berjangka dan menggunakan bunga sesuai kesepakatan kedua pihak
  • Utang yang diperoleh diambil dari lembaga keuangan yang menyediakan utang jangka panjang

Liabilitas jangka pendek adalah utang yang memiliki jangka waktu kurang atau maksimal satu tahun dari siklus operasi perusahaan. Contoh dari liabilitas jangka pendek adalah utang dagang, wesel, utang biaya, pendapatan diterima di muka, dividen dan sebagainya.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …