Rapat raksasa yang dipelopori oleh Komite Aksi Menteng 31 di lapangan Ikada dan diselenggarakan pada tanggal 19 September 1945 bertujuan untuk?

Rapat raksasa yang dipelopori oleh Komite Aksi Menteng 31 di lapangan Ikada dan diselenggarakan pada tanggal 19 September 1945 bertujuan untuk?

Jawaban

Rapat raksasa di lapangan Ikada diselenggarakan pada tanggal 19 September 1945 dan dipelopori oleh Komite Aksi Menteng 31 bertujuan untuk mempertemukan rakyat dengan pemimpin  yaitu Ir. Soekarno dengan mendengarkan pidato politik sekaligus memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia dan agar rakyat menaruh kepercayaan sekaligus memberikan dukungan besar terhadap pemerintahan yang baru terbentuk.

Pembahasan

Proklamasi kemerdekaan Indonesia mendapatkan tanggapan rakyat dalam berbagai cara sehingga masyarakat dari berbagai tempat dan dipelopori oleh para pemuda menyelenggarakan rapat dan demonstrasi. Sehingga pada saat  19 September 1945 di lapangan Ikada (Ikatan Atletik Djakarta) diselenggarakanlah Rapat Raksasa untuk menunjukkan besarnya dukungan rakyat terdahap kemerdekaan Indonesia. Rapat raksasa ini di hadiri oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. Dalam berlangsungnya rapat raksasa ini dijaga oleh kekuatan Jepang sehingga untuk menghindari adanya pertumpahan darah, Ir. Soekarno memberikan pidato yang berisi tantang permintaan agar rakyat memberi kepercayaan dan dukungan kepada pemerintahan RI.

Check Also

Usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman-tanaman keras disebut?

Usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman-tanaman keras disebut? Jawaban Usaha agraris adalah jenis usaha yang sangat …