Sebagai sebuah momentum penting peristiwa Sumpah Pemuda membuat nilai toleransi dan sikap rela berkorban. Mengapa demikian?

Sebagai sebuah momentum penting peristiwa Sumpah Pemuda membuat nilai toleransi dan sikap rela berkorban. Mengapa demikian?

Jawaban

Sumpah pemuda menjadi momentum penting yang menjadi toleransi dan sikap rela berkorban dikarenakan nilai-nilai yang terdapat di dalam sumpah pemuda tersebut. Sumpah pemuda membuktikan adanya nilai demokrasi, patriotisme dan kemandirian juga tanggung jawab.

Pembahasan

Sumpah pemuda merupakan momentum penting yang merupakan sejarah dari pergerakan kebangsaan Indonesia. Kongres pemuda dan sumpah pemuda ini menandakan bahwa nasionalisme bukan hanya kepemilikan dari organisasi politik, pemuda dan pelajar. Sumpah pemuda merupakan deklarasi dari Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928. Berikut adalah isi dari sumpah pemuda :

  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia
  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia
  • Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia

Hasil kongres Pemuda para perkembangannya dijadikan sebagai dasar dalam upaya perjuangan dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Nilai-nilai penting dalam sumpah pemuda wajib kita lestarikan dan terapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • Nilai persatuan merupakan peristiwa sumpah pemuda yang dihadiri dalam perhimpunan dan organisasi daerah dari seluruh Indonesia yang menandakan adanya persatuan dalam proses memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
  • Nilai demokrasi dari sumpah pemuda yang mana merupakan implementasi demokrasi di kalangan rakyat Indonesia
  • Nilai patriotisme yang memunculkan rasa bangsa Indonesia
  • Nilai kemandirian dan juga tanggung jawab yang menjadi junjungan bangsa Indonesia, menandakan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang mandiri dan berdaulat.

Check Also

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar Jawaban Kongres pemuda yang dilaksanakan pada …