Mengapa digunakan massa atom relatif untuk menentukan massa suatu atom?

Mengapa digunakan massa atom relatif untuk menentukan massa suatu atom?

Jawaban

Massa atom ditentukan menggunakan massa atom relatif karena massa suatu atom tidak dapat diukur secara pasti, sebab ukurannya yang sangat kecil. Untuk mengatasinya, maka massa suatu atom dibandingkan dengan massa atom C-12, sehingga massa atom yang kita ketahui saat ini adalah massa atom relatif terhadap massa atom C-12.

Pembahasan

Atom adalah zat yang sangat kecil ukurannya, bahkan lebih kecil daripada ukuran makhluk bersel satu. Karena ukurannya yang sangat kecil, sangat sulit untuk menimbang massa atom, berbeda dengan benda-benda besar yang dapat dengan mudah kita timbang jika ingin mengetahui massanya. Namun, meskipun tidak menggunakan timbangan atau neraca, kita bisa mengetahui massa atom dengan menggunakan alat yang bernama spektrometer massa.

Selain menggunakan alat, secara perhitungan kita juga bisa menentukan massa atom. Para ahli telah bersepakat untuk menggunakan massa atom C-12 sebagai pembanding terhadap massa atom-atom lainnya. Kurang lebih ini sama dengan saat kita menimbang benda-benda lain menggunakan timbangan, kita membandingkan massa benda yang kita timbang dengan anak timbangan. Massa atom C-12 digunakan sebagai pembanding karena massa inti atom C-12 dianggap paling stabil di antara atom-atom yang lainnya.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …