Mengapa nasionalisme dapat melahirkan organisasi seperti Budi Utomo, SI, sehingga dapat menjadi alat perlawanan kepada penjajah?

Mengapa nasionalisme dapat melahirkan organisasi seperti Budi Utomo, SI, sehingga dapat menjadi alat perlawanan kepada penjajah?

Jawaban

Budi Utomo disebut sebagai gerakan protonasionalisme indonesia karena proses perjuangan bangsa Indonesia dalam fase mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Pergerakan Nasional mengarah sifat yang aktif dan penuh menanggung resiko.

Pembahasan

Pergerakan nasional merupakan pergerakan pada fase sejarah Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Budi otomo merupakan sejarawan yang disebut dengan protonasionalisme dikarenakan perjuangan nya mempertahankan kemerdekaan. Adapun faktor yang menimbulkan pergerakan nasional adalah :

  • Terdapat tekanan dan penderitaan yang berkelanjutan, sehingga Indonesia harus melawan penjajah
  • Rasa senasib yang hidup dalam cengkraman penjajah
  • Kesadaran diri untuk mempertahankan tanah air
  • Masuknya paham liberalisme dan human rights
  • Diterapkannya sistem barat dalam melakukan politis etis pada 1902
  • Kemenangan Rusia terhadap Jepang tahun 1905
  • Gerakan Pan-Islamisme yang digerakkan oleh Djamaluddin Al-Afgani

Budi Utomo merupakan organisasi yang di awali oleh Dr. Wahidin Soedirohoesodo yang menjelajahi Jawa untuk sosialisasi dan pendidikan. Pada 1907, Wahidin pun bertemu dengan Soetomo yang merupakan mahasiswa STOVIA dan membentuk organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini merupakan sebuah organisasi pertama yang didirikan dan ditetapkan sebagai hari kebangkitan Nasional hingga sekarang.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …