Pada masa bercocok tanam dan beternak manusia cenderung memilih hidup di daerah lembah-lembah sungai. Mengapa manusia memilih hidup di daerah-daerah tersebut?

Pada masa bercocok tanam dan beternak manusia cenderung memilih hidup di daerah lembah-lembah sungai. Mengapa manusia memilih hidup di daerah-daerah tersebut?

Jawaban

Manusia cenderung hidup di daerah lembah-lembah sungai pada masa bercocok tanam disebabkan karena sungai menyediakan air yang melimpah dan lembah-lembah sungai memiliki tanah yang subur, sehingga memudahkan manusia purba untuk bercocok tanam.  Sungai juga merupakan mata pencaharian bagi makhluk lain yang diburu orang purba untuk memudahkan pengumpulan makanan.

Pembahasan

Era pertanian merupakan era yang penting bagi perkembangan masyarakat dan peradaban. Keberadaan penemuan-penemuan baru terkait dengan pengembangan sumber daya alam semakin pesat. Berbagai jenis flora dan fauna dibudidayakan dan dijinakkan. Budidaya tanaman oleh manusia mulai dilakukan dengan menjadikan lahan pertanian sederhana.

Untuk peternakan disebabkan kerena beberapa faktor sehingga peternakan lebah di  dekat sungai cenderung subur, dan pada waktu itu juga ada saluran air untuk irigasi bagi manusia, dan makanan untuk hewan di dekat sungai juga dapat ditemukan.Orang cenderung tinggal di tepian sungai sungai dan kali karena faktor alam yang dapat membantunya bercocok tanam.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …