Jelaskan mengapa peninggalan peradaban lembah Sungai Hoang Ho sebagian besar berada di sekitar sungai tersebut!

Jelaskan mengapa peninggalan peradaban lembah Sungai Hoang Ho sebagian besar berada di sekitar sungai tersebut!

Jawaban

Peninggalan peradaban lembah Sungai Hoang sebagian besar di sekitar sungai karena daratan rendah Sungai Phan Ho memiliki tanah yang subur, begitu pula lembah-lembah sungai yang mengalir ke hilir.

Pembahasan

Sejarah kehidupan manusia di Lembah Sungai Kuning Tiongkok kuno merupakan salah satu peradaban besar  dunia. Peradaban kuno ini diyakini telah ada di Tiongkok  sejak  3000 SM. (BC) Dan dimulai dengan Lembah Sungai Kuning atau Hoang Ho (sekarang  Huang He). Sejarah awal peradaban ini dimulai dari sebuah sungai yang alirannya membawa lumpur kuning. Dari hulu  Pegunungan Kwen Lun (Tibet) melalui Pegunungan Cina Utara dan hilir Teluk Tsii Li (Laut Kuning), semburan lumpur  membentuk  dataran rendah.

Di sisi lain, ada juga masalah di daerah subur. Menurut buku Rizem Aged tentang Sejarah Lengkap Peradaban Dunia (2018: 194), Lembah Sungai Kuning sering dilanda bencana embun beku (musim dingin), banjir, bahkan banjir. Orang-orang Cina Kuno akhirnya berhasil mengatasi perkara itu menggunakan cara membentuk tanggul super besar pada sepanjang genre Sungai Kuning.