Di wilayah ZEE Indonesia, kapal-kapal asing dilarang melakukan?

Di wilayah ZEE Indonesia, kapal-kapal asing dilarang melakukan?

Jawaban

Di wilayah ZEE Indonesia, kapal-kapal asing dilarang melakukan deksploitasi sumber daya. Karena terdapat hukum laut yang dinilai sangat penting di dalam Negara dan masyarakat.

Pembahasan

Laut merupakan sebuah sarana yang menghubungkan bangsa Indonesia dengan bangsa lain yang ada di seluruh pelosok dunia. Laut juga digunakan untuk berbagai macam kegiatan, karena laut mengandung kekayaan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pada dasarnya, pemerintah Indonesia mengeluarkan Zona Ekonomi Ekslusif atau disingkat dengan ZEE Indonesia. Semenjak dari itu, sumber daya alam hayati dan non hayati yang ada di laut Indonesia merupakan modal milik bersama Bangsa Indonesia dengan wawasan Nusantara. Undang-undang ZEE No. 5 tahun 1983 berlaku pada 19 Oktober 1983 itu menyatakan bahwa sumber daya alam terdapat di dasar laut dan tanah dibawahnya juga ruang air di atasnya yang harus sama-sama dijaga oleh bangsa Indonesia. Zona Ekonomi Ekslusif adalah jalur di luar dan berbatasan langsung dengan wilayah Indonesia, sebagaimana yang berlaku di dalam Undang-undang perairan Indonesia. Batas ZEE adalah garis tengah atau garis lurus yang berada pada pangkal laut wilayah Indonesia hingga titik terluar Indonesia. Adapun hak Indonesia atas laut dengan UU ZEE adalah sebagai berikut :

  • Hak kedaulatan untuk melakukan eksplorasi dan juga eksploitasi dalam pengelolaan dan konservasi sumber daya alam hayati dan non hayati dari dasar laut sampai tanah yang ada di dalamnya
  • Yuridiksi yang berhubungan dengan pembuatan juga penggunaan pulau buatan
  • Hak-hak lain berdasarkan kewajiban Konservasi Hukum yang berlaku

Sedangkan untuk Negara lain yang masuk ke dalam lautan Indonesia tidak diperkenankan melakukan hal-hal tersebut di atas.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.