Pasangan yang tepat mengenai ajaran Mahatma Gandhi dalam perkembangan nasionalisme di India ditunjukkan oleh pasangan?

Pasangan yang tepat mengenai ajaran Mahatma Gandhi dalam perkembangan nasionalisme di India ditunjukkan oleh pasangan?

Jawaban

Ajaran Mahatma Gandhi di India dalam gerakan nasionalisme terdiri dari beberapa gerakan yaitu

  • Ahimsa, merupakan gerakan yang tidak membahayakan orang lain.
  • Hartal, yang dapat diartikan sebagai pemogokkan
  • Swadeshi atau Swadesi, dapat diartikan sebagai negara sendiri
  • Satyagraha, dapat diartikan sebagai kekuatan pembenaran

Pembahasan 

Mahatma Gandhi merupakan tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan India. Mahatma Gandhi merupakan seorang pengacara yang mempelajari hukum Inggris dan Romawi. Mahatma Gandhi mendapatkan tawaran untuk menangani kasus di Afrika Selatan pada tahun 1893 dan pada saat sesampainya Mahatma Gandhi di Afrika Selatan, ia merasakan adanya diskriminasi terhadap orang-orang India di mana masyarakat yang berada di Afrika Selatan memandang masyarakat India dengan rendah.

Perjuangan tanpa kekerasan yang dilakukan oleh Mahatma Gandhi pertama kali dilakukan di Afrika Selatan. Mahatma Gandhi akhirnya pulang ke India untuk memperjuangkan kemerdekaan India dari penjajahan Inggris. Pemikiran kemanusiaan yang dikembangkan oleh Mahatma Gandhi mengandung ajaran moral melalui pendekatan yang humanis dan beliau menegaskan bahwa perjuangan demi kemanusiaan seharusnya ditempuh dengan cara manusiawi

Dalam memperjuangkan kemerdekaan India dari Inggris, Mahatma Gandhi memperkenalkan 4 ajaran yaitu:

  1. Ahimsa: yang diartikan sebagai tidak membahayakan orang lain dan juga merupakan salah satu prinsip religius yang ada di agama Buddha, Hindu, dan aliran keagamaan di India barat yang bernama Jainisme. Ajaran Ahimsa ini juga digunakan oleh Mahatma Gandhi sebagai penolakan kejahatan sosial seperti diskriminasi rasial.
  2. Hartal: harta yang diartikan sebagai pemogokan kerja dilakukan oleh masyarakat India dengan cara menutup toko serta para pekerja yang melakukan mogok kerja massal. Hartal ini merupakan awal dari pergerakan perjuangan India selama 28 tahun melawan penjajahan Inggris.
  3. Swadesi atau Swadeshi: dapat diartikan sebagai negara sendiri. Dalam gerakan swades ini mengajak masyarakat India untuk menggunakan semua hal yang dihasilkan oleh negara sendiri dan merupakan bentuk gerakan dari cinta tanah air. Gerakan ini erat dengan gerakan swaraj yang merupakan cita-cita seluruh rakyat India.
  4. Satyagraha: diartikan sebagai kekuatan pembenaran yang dihasilkan melalui proses kepatuhan terhadap kebenaran. Dalam melakukan pergerakan melawan penjajahan Inggris, Mahatma Gandhi menerapkan dua jenis satyagraha, yaitu pembangkangan sipil dan non kooperatif di mana kedua ajaran ini dilakukan untuk menolak ketidakadilan dan dilakukan dengan penuh kesopanan dan tanpa kekerasan.

Check Also

Usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman-tanaman keras disebut?

Usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman-tanaman keras disebut? Jawaban Usaha agraris adalah jenis usaha yang sangat …