Pertumbuhan ekonomi meningkat selain karena peningkatan pendapatan nasional dan jumlah penduduk, juga dipengaruhi oleh investasi. Teori ini dikemukakan oleh?

Pertumbuhan ekonomi meningkat selain karena peningkatan pendapatan nasional dan jumlah penduduk, juga dipengaruhi oleh investasi. Teori ini dikemukakan oleh?

Jawaban

Pertumbuhan ekonomi meningkat selain karena peningkatan pendapat nasional dan jumlah penduduk, juga dipengaruhi oleh investasi, yang merupakan teori dari Harrod-Domar.

Pembahasan

Berikutnya adalah teori pertumbuhan ekonomi neoklasik. Berbeda dengan teori-teori sebelumnya, teori ini lebih memperhatikan hal-hal lain yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daripada pertumbuhan penduduk, seperti kewirausahaan dan investasi.

Menurut Harrod Domar, pembentukan modal atau investasi diperlukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang stabil. Semakin banyak modal yang Anda miliki, semakin banyak barang dan jasa yang akan diproduksi. Menurut teori ini, ada prasyarat untuk pembangunan jangka panjang ekonomi suatu negara (pertumbuhan yang stabil). Omong-omong, ada dua orang Harrod Domar. Nama tengahnya R F. Harrods dan Eveed Mar.

Menurut Schumpeter, pertumbuhan ekonomi terutama ditentukan oleh kewirausahaan. Teori ini menekankan pada inovasi kewirausahaan, dimana kemajuan teknologi didorong terutama oleh jiwa kewirausahaan masyarakat. Kewirausahaan dapat menemukan peluang untuk mengembangkan usaha baru atau memperluas usaha yang sudah ada. Ketika bisnis baru terbuka dan berkembang, peluang kerja tambahan akan tersedia untuk memenuhi angkatan kerja yang terus bertambah setiap tahun.

 

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …