Menurut berita Cina zaman T’ang dijelaskan bahwa sejak abad ke-7 masehi ada masyarakat muslim didaerah kerajaan

Menurut berita Cina zaman T’ang dijelaskan bahwa sejak abad ke-7 masehi ada masyarakat muslim didaerah kerajaan

Jawaban

Berita Cina pada zaman Dinasti Tang menyampaikan bahwa terdapat masyarakat muslim sejak abad ke-7 masehi di sekitar daerah Kerajaan Sriwijaya. Hal tersebut juga diperkuat oleh pedagang Muslim Arab dan Persia yang telah memiliki hubungan dagang dengan Kerajaan Sriwijaya.

Pembahasan

Para sejarawan menyampaikan bahwa Islam masuk ke  wilayah Indonesia pertama kali  pada abad ke-7. Bukti sejarah dari argumen tersebut berdasarkan pada berita Cina pada zaman Dinasti Tang. Penjelasan pada catatan tersebut menerangkan terdapat perkampungan bernama Barus atau Fansur yang terletak di pantai barat Sumatera, perkampungan ini merupakan perkampungan Islam tertua di Nusantara. Perkampungan tersebut dihuni oleh masyarakat Arab yang memeluk Islam. Pedagang Muslim Arab dan Persia yang memiliki hubungan dagang dengan Kerajaan Sriwijaya juga memberi keterangan bahwa telah masuknya Islam pada abad tersebut. Sehingga besar kemungkinan telah terjadi kontak budaya diantara masyarakat lokal dan pedagang Muslim melalui kontak bisnis.

Islam di Sumatera dipercaya sebagai cikal-bakal penyebaran Islam di Nusantara khususnya Aceh sebagai bagian paling barat dari Indonesia. Agama Islam disebarkan melalui Barus-Fansur sebagai perkampungan yang berada di ujung barat pulau Sumatera oleh saudagar-saudagar Arab yang hilir mudik berdagang dari Mesir, Persia, Gujarat ke Cina. Pada perkampungan tersebut ditemukan makam kuno yang tertulis bahwa Syaikh Rukunuddin wafat tahun 672 Masehi dan makam Syaikh Ushuluddin yang ukuran panjangnya 7 meter di kompleks pemakaman Mahligai, Barus. Hal tersebut memperkuat bahwa Islam di Barus telah ada pada masa itu.

Selain melalui perdagangan, Islam masuk ke Sumatera juga dipengaruhi oleh adanya kerajaan-kerajaan di Sumatera serta dakwah yang disampaikan oleh wali atau ulama, yang diawali oleh Kesultanan Aceh hingga menyebar ke seluruh Nusantara. Masjid dan makam-makam yang dapat dijumpai hingga kini merupakan salah satu bukti penyebaran kebudayaan Islam pada masa itu.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …