Jelaskan hubungan antara konsumsi dan pendapatan dapat seimbang!

Jelaskan hubungan antara konsumsi dan pendapatan dapat seimbang!

Jawaban

Hubungan antara konsumsi dan pendapatan dapat seimbang Bila dikaitkan dengan pendapatan, konsumsi adalah bagian pendapatan yang dibelanjakan untuk kebutuhan konsumsi. Sedangkan tabungan dalam pendapatan adalah bagian pendapatan yang disimpan atau tidak dibelanjakan. Sehingga besar pendapatan sama dengan besar konsumsi ditambah besar tabungan.

Pembahasan

Faktor yang mempengaruhi antara konsumsi dan pendapatan

  • Perekonomian

Kondisi yang baik, pengangguran yang rendah dan kondisi ekonomi yang stabil mengakibatkan orang mengkonsumsi lebih banyak  dan menabung lebih sedikit. Jika ekonomi buruk, tidak stabil dan tingkat pengangguran tinggi, orang akan berhati-hati dalam pengeluaran dan lebih memilih untuk menabung.

  • Suku Bunga

Ketika suku bunga tinggi, orang lebih memilih menabung daripada berbelanja. Ini karena orang-orang mendapatkan banyak perhatian.

  • Kekayaan yang dimiliki

Rumah tangga dengan kekayaan yang  cukup atau berlebih dari hasil pekerjaannya umumnya lebih suka mengkonsumsi dengan tabungan yang lebih sedikit.

  • Budaya berhemat

Masyarakat yang berbeda menggunakan pendapatan dan budaya yang berbeda. Beberapa orang suka mengkonsumsi, yang lain suka menabung untuk masa depan.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.