Bila merujuk pada kategori budaya politik Almond dan Powell, selama tahun 1999 sampai dengan sekarang, Indonesia berada pada kategori budaya politik yang mana?

Bila merujuk pada kategori budaya politik Almond dan Powell, selama tahun 1999 sampai dengan sekarang, Indonesia berada pada kategori budaya politik yang mana?

Jawaban

Merujuk pada kategori budaya politik Almond dan Powell, selama tahun 1999 sampai dengan sekarang, Indonesia berada pada kategori budaya politik kaula. Budaya politik kaula yaitu budaya politik dimana tingkat partisipasi masyarakat masih rendah. Pada budaya politik ini, masyarakat sudah memiliki kecenderungan untuk maju, namun pola pikirnya masih pasif. Hal ini terlihat dari persentase keikutsertaan masyarakat dalam kegiatan pemilu, dari tahun 1999 sampai sekarang tingkat golput (golongan putih) semakin meningkat. Fenomena ini menunjukkan bahwa masyarakat masih banyak yang abai terhadap kegiatan politik.

Pembahasan

Menurut Gabriel Almond budaya politik digolongkan menjadi 3 jenis yakni sebagai berikut.

  • Budaya politik parokial atau parochial political culture. Budaya politik parokial merupakan budaya dimana tingkat partisipasi masyarakat yang terdapat di daerah tertentu itu sangat rendah. Salah satu contoh kasus tentang rendahnya partisipasi masyarakat yakni adanya golput atau golongan putih dalam kegiatan pemilu. Masyarakat dengan budaya ini menganggap mereka tidak harus menyumbangkan suaranya dalam pemilu atau pemilihan umum. Salah satu penyebab munculnya budaya politik parokial ini adalah tingkat pendidikan yang rendah.
  • Budaya politik kaula atau subject political culture. Budaya politik kaula merupakan budaya politik dimana tingkat partisipasi masyarakat masih pasif. Pada budaya politik ini, masyakat sudah lebih maju, namun pola pikirnya masih pasif atau kurang mempunyai semangat untuk mengikuti kegiatan politik.
  • Budaya politik partisipan atau participant political culture. Budaya politik partisipan merupakan budaya politik dimana tingkat kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk berbudaya politik sudah sangat tinggi. Masyarakat ini sudah menyadari bahwa mereka memiliki peran dalam pelaksanaan budaya politik dan peran ini sangat dibutuhkan, sehingga mereka berusaha untuk memenuhinya.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …