Apa saja upaya yang dapat dilakukan oleh pemilik Rahasia Dagang untuk menjaga kerahasiaannya?

Apa saja upaya yang dapat dilakukan oleh pemilik Rahasia Dagang untuk menjaga kerahasiaannya?

Jawaban

Para pelaku usaha dalam jenis apapun pastinya memiliki taktik dalam menjalankan usaha dagangnya, yang mana taktik tersebut dikenal dengan istilah rahasia dagang. Setiap pengusaha diharuskan untuk paham bagaimana cara dan upaya menjaga kerahasiaan dagang yang dimilikinya. Sebab bila tidak dilakukan tentu saja ada pihak yang berusaha membongkarnya demi kepentingan pribadi.

Pembahasan:

Walaupun pada dasarnya telah dilindungi UU, namun tetap saja diperlukan upaya untuk menjaga kerahasiaan dagang oleh para pelaku usaha. Berikut ini beberapa upaya yang dapat diterapkan dalam upaya menjaga rahasia dagang:

  • Membuat kontrak perjanjian; hal ini dapat dilakukan guna para karyawan ikut terlibat dalam menjaga kerahasiaan. Sehingga nantinya karyawan tidak berhak membocorkan atau menyebar rahasia dagang ke pihak luar.
  • Melatih karyawan menjaga informasi rahasia; dengan diadakannya pelatihan maka akan menumbuhkan rasa sadar dari diri karyawan akan mengapa penting menjaga kerahasiaan dagang.
  • Membuat tim khusus untuk mengontrolnya; sebab dalam usaha dagang tidak jarang ditemui cara curang yang digunakan termasuk pencurian rahasia dagang suatu usaha.
  • Gunakan jasa advokat; advokat biasanya akan memberi solusi yang tepat terkait bagaimana menghindari masalah hukum yang terjadi dalam suatu usaha dagang.