Mengapa digunakan isotop c-12 sebagai standar untuk menentukan massa atom relatif suatu unsur?

Mengapa digunakan isotop c-12 sebagai standar untuk menentukan massa atom relatif suatu unsur?

Jawaban

Atom merupakan materi yang sangat kecil, yang tidak bisa ditimbang secara langsung untuk menentukan massanya. Oleh karena itu, digunakan pembanding untuk menentukan massanya. Pembanding yang digunakan adalah isotop atom C-12. Isotop atom C-12 digunakan karena memiliki inti yang paling stabil di antara atom-atom lain yang sudah ditemukan saat itu.

Pembahasan

Setiap materi menempati ruang dan waktu, sehingga memiliki massa dan volume tertentu. Materi-materi yang berukuran besar dan mudah dijangkau manusia akan dengan mudah ditentukan massanya dengan cara ditimbang menggunakan neraca, atau diukur volumenya menggunakan berbagai alat ukur. Namun bagaimana untuk benda yang sangat kecil, bahkan lebih kecil daripada makhluk bersel satu? Kita bahkan tidak bisa mengambil satu atom untuk menimbangnya bukan?

Ya, ukuran atom yang sangat kecil membuatnya tidak bisa ditimbang secara langsung. Karena inilah, massa atom ditentukan dengan cara membandingkannya dengan massa atom lain, yaitu massa isotop atom C-12. Massa isotop atom C-12 digunakan sebagai pembanding karena dianggap memiliki inti yang paling stabil daripada atom-atom lain yang sudah ditemukan.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …