Apa yang membedakan hermeneutik Paul Ricoeur dan hermeneutik lain?

Apa yang membedakan hermeneutik Paul Ricoeur dan hermeneutik lain?

Jawaban

Perbedaan hermeneutik Paul Ricoeur dengan yang lainnya adalah : hermeneutik Paul Ricoeur mengemukakan bahwa hermeneutik berkaitan dengan metode tentang penafsiran. Sedangkan Hermeneutik lainnya (menurut Friederich Schleimacher) beranggapan jika kegiatan mengkaji sastra atau seni sudah dilakukan, maka itu sudah cukup.

Pembahasan

Menurut bahasa, kata hermeneutika berasal dari bahasa Yunani yaitu hermeneuein yang memiliki arti yaitu menafsir. Namun secara istilah diartikan sebagai interpretasi atau penafsiran.  Bila di Indonesia kan kata hermeneuein menjadi hermeneutika yang memiliki makna yakni menafsirkan atau mengungkapkan pikiran seseorang melalui kata-kata.

Terdapat dua orang tokoh yang menjadi rujukan mengenai hermeneutika yaitu Paul  Ricoeur dan Friederich Schleimacher. Dua pakar ini memiliki pandangan yang berbeda-beda, namun ada hubungan yang kuat antara keduanya. Paul Ricoeur mengembangkan konsep hermeneutika dari Friederich Schleimacher, dimana ia menawarkan tiga langkah penafsiran, yaitu:

  1. Pemahaman dari simbol ke simbol.
  2. Pemberian makna terhadap simbol,
  3. Berpikir dengan menggunakan simbol sebagai titiknya.

Hermeneutik menurut Friederich Schleimache bahwa seorang penafsir harus memiliki kemampuan untuk memahami sebuah wacana. Lebih dikenal dengan lingkaran. Menafsirkan sebuah teks ataupun wacana adalah kegiatan reproduktif, yaitu menghadirkan kembali seluruh perasaan, pikiran, serta kehendak dari seorang pengarang seasli mungkin melalui empati dan rekontruksi.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.