Dalam bidang ekonomi, Kerajaan Makassar memperoleh kemajuan yang pesat. Kemajuan tersebut terutama dalam bidang perdagangan . Salah satu hal yang menyebabkan kemajuan tersebut adalah

Dalam bidang ekonomi, Kerajaan Makassar memperoleh kemajuan yang pesat. Kemajuan tersebut terutama dalam bidang perdagangan . Salah satu hal yang menyebabkan kemajuan tersebut adalah

Jawaban

Kerajaan Makassar atau disebut juga Kerajaan Gowa-Tallo merupakan salah satu kerajaan Islam yang pernah berkuasa di Indonesia. Kerajaan Makassar mengalami kemajuan yang pesat dalam bidang perdagangan. Bahkan kerajaan ini menjadi pusat perdagangan yang sangat ramai di Indonesia bagian Timur pada masanya.

Pembahasan

Sejarah awal kerajaan Makassar merupakan dua kerajaan berbeda yaitu Kerajaan Gowa dan Kerajaan Tallo. Dua kerajaan ini mengalami konflik selama bertahun-tahun lamanya. Hingga akhirnya, pada tahun 1565 terjadi kesepakatan untuk bersatu dibawah kepemimpinan Raja Daeng Matanre Karaeng Tumapa’risi Kallonna. Kerajaan Makassar mencapai puncak kejayaan pada masa Sultan Hasanuddin.

Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan Kerajaan Makassar mengalami kemajuan dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis pada tahun 1511 menyebabkan banyak para pedagang mencari daerah baru yang belum dikuasai oleh bangsa asing, salah satunya ke daerah timur Indonesia.
  2. Kerajaan Makassar memiliki beberapa syarat yang baik untuk menjadi pelabuhan.
  3. Secara geografis, letak Kerajaan Makassar sangat strategis. Yaitu, berada di jalur lalu lintas perdagangan dan pelayaran internasional. Sehingga, banyak disinggahi oleh para pedagang.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …