Sebutkan dan jelaskan metode untuk mengakui pendapatan dari kontrak konstruksi!

Sebutkan dan jelaskan metode untuk mengakui pendapatan dari kontrak konstruksi!

Jawaban

Metode untuk mengakui pendapatan dari kontrak kontruksi adalah

  1. Metode kontrak selesai, yaitu suatu hal yang digunakan oleh perusahaan yang dimiliki kontrak jangka pendek serta proyek yang memiliki resiko dan tidak dapat diestimasi secara andal. Dengan demikian, metode kontrak selesai mengakui pendapatan serta laba kotor pada saat kontrak diselesaikan secara keseluruhan.
  2. Metode persentase penyelesaian atau Percentage of Completion Method, digunakan oleh perusahaan dengan memiliki kontrak jangka panjang yang lebih dari satu periode akuntansi. Dengan demikian, metode ini mencerminkan prestasi kerja sama yang berjalan atas penyelesaian kontrak yang lebih dari satu periode akuntansi.

Pembahasan

Pendapatan merupakan suatu hal peningkatan yang manfaat ekonomi pendapatan selama satu periode akuntansi tertentu dalam bentuk pemasukan bahkan penambahan aktiva serta penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanaman modal. Dengan demikian, dalam peningkatan jumlah aktiva serta penurunan kewajiban yang dapat berasa dari penyerahan barang atau jasa dan aktivitas usaha lainnya dalam satu periode. Ada beberapa pengakuan pendapatan menetapkan bahwa pendapatan diakui pada saat yakni:

  1. Direalisasi, merupakan apabila barang dan jasa ditukar dengan kas  atas kas atau piutang. Dan pendapatan dapat direalisasi apabila aktiva yang diterima dalam pertukaran segera dapat dikonversi menjadi kas dan diklaim atas kas dengan jumlah yang diketahui.
  2. Dihasilkan, yakni suatu pendapatan yang dihasilkan atau earned apabila entitas bersangkutan pada hakikatnya yang telah menyelesaikan mendapat hak atas manfaat yang dimiliki oleh pendapatan.