Biografi Namik Kemal, guru dan murid, kontribusi terhadap Islam, serta pemikiran

Biografi Namik Kemal, guru dan murid, kontribusi terhadap Islam, serta pemikiran

Jawaban

Biografi adalah sebuah karya yang menceritakan tentang kehidupan seseorang. Terdapat struktur dalam biografi yaitu berisikan judul, pembukaan, dan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan seseorang yang ingin dibuat biografinya. Berikut ini adalah biografi dari Namik Kemal.

Kemal Bek biasa dikenal dengan nama Namik Kemal lahir pada tanggal 21 Desember 1840. Beliau memiliki julukkan sebagai seorang penyair kebebasan. Namik Kemal merupakan orang pertama yang mendobrak kaidah sastra Eropa dengan menulis karya berupa drama, syair, dan cerita. Beliau memprakarsai benih rasa nasionalisme melalui sastra dalam Turki Islami. Beliau memiliki ideologi untuk merubah pemerintahan Turki Ustmani ke dalam pemerintahan Islamiah dan konstitusional. Namik Kemal dalam pemikiran politiknya mengeluarkan 3 badan organisasi untuk mendukung suatu negara yang bersifat konstitusional dan islamiah yaitu Senat (Meclis-i Ayan), Majelis Umat (Syura-i Ummet), dan Majelis Negara (Syura-i Devlet). Hasil karya dari Namik Kemal yakni Jalaluddin Khowarizmsyah, Bariqozh Zhafar, İntibah yahut Ali Beyin sergüzeşiti, dan lain sebagainya. Pada tanggal 2 Desember 1988 Kemal Bek atau Namik Kemal menghembuskan nafas terakhirnya.

Pembahasan

Teks biografi memiliki ciri khas atau karakteristik yang dapat ditemukan di dalam teksnya. Berikut adalah karakteristik teks biografi:

  • Teks dituliskan berbentuk narasi deskriptif
  • Teks biografi memiliki plot atau alur cerita yaitu judul, pengenalan, dan kejadian atau peristiwa penting.
  • teks biografi mengandung kisah hidup seseorang yang dideskripsikan sesuai dengan kenyataannya.