Jelaskan prinsip persediaan JIT manajemen operasi!

Jelaskan prinsip persediaan JIT manajemen operasi!

Jawaban

Prinsip persediaan dalam metode just in time adalah:

  • Mengurangi ukuran lot dan meningkatkan frekuensi pemesanan, di mana ukuran lot yang ideal adalah 1.
  • Mengurangi persediaan pendukung buffer inventory
  • Mengurangi biaya pembelian
  • Meningkatkan penanganan material item-item persediaan dari pemasok yang harus dibagi ke dalam unit atau ukuran lot yang dibutuhkan dalam operasi
  • Persediaan harus mencapai nol
  • Perusahaan harus mencari pemasok yang dapat dipercaya

Pembahasan

Metode persediaan just in time juga dikenal dengan metode zero inventories, di mana persediaan tersebut diusahakan mencapai angka nol atau paling tidak ada pada tingkat yang tidak signifikan. Dengan metode just in time ini, perusahaan dapat menghilangkan biaya pemborosan sehingga tidak membebankan nilai tambah atau biaya terhadap produk yang dihasilkan. Perusahaan juga dapat memperkecil jumlah produk yang cacat, menghemat tenaga kerja, menghemat bahan baku, lebih cepat mengetahui kesalahan kerja, dapat memperkecil jumlah persediaan yang tersimpan di gudang dan jumlah pekerja yang mengawasi gudang.

Persediaan dengan dengan metode konvensional atau tradisional berbeda dengan metode just in time ini, di mana dalam sistem persediaan konvensional perusahaan dimungkinkan untuk membeli persediaan dalam jumlah besar saat harga persediaan tersebut rendah serta menggunakan inventaris yang dibeli tersebut pada saat harganya tinggi, sedangkan dalam metode just in time perusahaan harus membayar sesuai dengan harga pasar.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.