Bagaimana pengaruh perbedaan ideologi politik terhadap strategi menghadapi Belanda?

Bagaimana pengaruh perbedaan ideologi politik terhadap strategi menghadapi Belanda?

Jawaban

Di masa penjajahan Belanda, bangsa Indonesia tidak hanya melakukan perlawanan secara fisik dalam menghadapi belanda tetapi melawan dalam aspek ideologi dan strategi. Berikut ini adalah pengaruh perbedaan ideologi politik terhadap strategi menghadapi belanda:

  • Banyaknya partai politik yang mulai berkembang di Indonesia kala awal kemerdekaan memunculkan hasil ideologi baru yang bersifat sosial-komunis, keagamaan, atau nasionalisme yang digunakan sebagai strategi dalam menghadapi Belanda.
  • Terjadi pergantian kabinet presidensial ke kabinet parlementer. Terpilihnya sutan syahrir menjadi perdana menteri.
  • Dalam kabinet Sutan Syahrir, strategi dalam menghadapi belanda dilakukan jalur diplomasi, bukan dengan peperangan senjata. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya perpecahan yang dimanfaatkan oleh belanda untuk meluncurkan Agresi Militernya.

Pembahasan

Tanggal 19 Desember 1948 ada pihak Belanda mengemukakan bahwa mereka tidak Serikat dengan perundingan Renville dan meluncurkan Agresi Militer. Kemudian Belanda menawan Presiden dan Wakil Presiden di Parapat dan Bangka serta menduduki daerah Yogyakarta. Dalam penyelesaian Agresi Militer Belanda diadakan konferensi Asia dan dan pihak bersangkutan menyampaikan kepada ada dewan keamanan PBB untuk mengeluarkan solusi yang berisikan tentang penarikan Pihak Belanda dari Indonesia.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …